Kamis, 17 Maret 2011

Facade Bangunan


Bagian bangunan dan arsitektur yang paling mudah untuk dilihat adalah bagian wajah bangunan atau yang lebih dikenal dengan sebutan façade bangunan. Bagian façade bangunan ini juga sering disebut tampak, kulit luar ataupun tampang bangunan, karena façade bangunan ini merupakan yang paling sering diberi penilaian oleh para pengamat tanpa memeriksa terlebih dahulu keseluruhan bangunan baik di keseluruhan sisi luar bangunan, maupun pada bagian dalam bangunan. Penilaian tersebut tidak hanya dilakukan oleh para arsitek tetapi juga masyarakat awam (Prijotomo 1987:3).
Komposisi suatu façade, dengan mempertimbangkan semua persyaratan fungsionalnya (jendela, pintu, sun shading, bidang atap) pada prinsipnya dilakukan dengan menciptakan kesatuan yang harmonis dengan menggunakan komposisi yang proporsional, unsur vertikal dan horisontal yang terstruktur, material, warna dan elemen-elemen dekoratif. Hal lain yang tidak kalah penting untuk mendapatkan perhatian yang lebih adalah proporsi bukaan-bukaan, tinggi bangunan, prinsip perulangan, keseimbangan komposisi yang baik, serta tema yang tercakup ke dalam variasi (Krier 1988:72).
Menurut Krier (1988:78) elemen-elemen arsitektur pendukung façade, yaitu sebagai berikut :
1. Pintu
Pintu memainkan peranan yang menentukan dalam menghasilkan arah dan makna yang tepat pada suatu ruang. Ukuran umum yang digunakan adalah perbandingan proporsi 1:2 atau 1:3. Ukuran pintu selalu memiliki makna yang berbeda, misalnya pintu berukuran pendek untuk masuk ke dalam ruangan yang lebih privat. Posisi sebuah pintu dapat dipengaruhi oleh fungsi, bahkan pada batasan-batasan tertentu, yang memiliki keharmonisan geometris dengan ruangan tersebut. 
Gambar : Gambar Pintu Kolonial
2. Jendela
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penataan jendela façade, yaitu sebagai berikut :
  • Proporsi geometris façade;
  • Penataan komposisi;
  • Memperhatikan keharmonisan proporsi geometri;
  • Karena distribusi jendela pada façade, salah satu efek tertentu dapat dipertegas atau bahkan dihilangkan; dan
  • Jendela dapat bergabung dalam kelompok-kelompok kecil atau membagi façade dengan elemen-elemen yang hampir terpisah dan membentuk simbol tertentu.
  
 Gambar : Gambar Jendela Kolonial
Tipe jendela dapat diklasifikasikan ke dalam satu atau kombinasi dari beberapa tipe dasar terutama dalam hubungannya dengan pengaturan aliran udara. Jendela dibagi ke dalam empat kategori, yaitu sebagai berikut:
  • Tipe putar, horisontal dan vertikal;
  • Tipe gantung, gantung samping, atas, bawah;
  • Tipe lipat; dan
  • Tipe sorong/geser, vertikal dan horizontal.
 3. Dinding
Gambar : Gambar Bangunan Kolonial
Penataan dinding juga dapat diperlakukan sebagai bagian seni pahat sebuah bangunan. Bagian khusus dari suatu bangunan dapat diekspos dengan latar depan dan latar belakang dapat ditentukan.
4. Atap
Atap merupakan mahkota bangunan yang disangga badan bangunan, yaitu dinding.
5. Sun Shading
Façade beradaptasi dengan cuaca karena adanya ornamen di atas tembok, yaitu teritisan atau biasa disebut sun shading.
Menurut Lippsmeier (1980:74-90) elemen façade dari sebuah bangunan yang sekaligus merupakan komponen-komponen yang mempengaruhi façade bangunan adalah:
1. Atap;
2. Dinding; dan
3. Lantai.

4 komentar:

  1. assalamualaikum .. saya fatin dari Malaysia . saya ingin nanyakan satu aja soalan . soalan ya apa ya yang dimaksudkan dengan facade dana apa fungsinya ..

    BalasHapus
  2. Facade disini adalah tampak bangunan... fungsinya untuk menampilkan tema atau suasana yang ingin ditampilkan pada bangunan sesuai keinginan arsiteknya... maaf low respond... hehehe

    BalasHapus
  3. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat untuk mendesain elemen-elemen arsitektur pendukung façade rumah.

    Kunjungi juga http://id.wondroushouse.net/ yang berisi informasi tentang desain rumah yang menakjubkan dari berbagai negara untuk menambah referensi ketika ingin mendesain rumah dan juga referensi desain façade rumah.

    Follow juga ig kami di wondroushouse.id

    Terima kasih, semoga bermanfaat.

    BalasHapus