Kamis, 24 Maret 2011

ACROS (Asian Crossroad Over tha Sea)

Project Name: ACROS Fukuoka Prefectural International Hall
Year: 1994
Owner: Dai-Ichi Mutual Life Mitsui Real Estate
Location: Fukuoka, Japan
Building Type: Commercial
Type: Intensive
System: Single Source Provider
Size: 100000 sq.ft.
Slope: 2%
Access: Accessible, Private
Submitted by: Greenroofs.com and Emilio Ambasz & Associates
Designers/Manufacturers of Record:
Architect: Emilio Ambasz, Emilio Ambasz and Associates, Inc.
Associate Architect: Nihon Sekkei
Landscape Architect: Nihon Sekkei Takenaka Corporation
Engineer: Nihon Sekkei Takenaka Corporation
Engineering Consultant: Plantago Corporation
System Manufacturer: Katamura Tekko Company
ACROS (Asian Crossroads over the Sea) Fukuoka building terletak di kota Fukuoka, Jepang di satu sisi tampak seperti gedung perkantoran biasa berdinding kaca, namun di sisi lain memeiliki teras taman yang sangat besar. Selain mempunyai bentuk yang unik dan menarik, gedung ini merupakan contoh salah satu bangunan yang ramah dan tanggap terhadap lingkungan di sekitarnya. Gedung ini di desain sedemikian rupa mengingat terbatasnya ruang terbuka untuk penghijauan dan padatnya kota dengan bangunan – bangunan tinggi, karena gedung ini terletak pada jalan yang paling utama sebagai daerah bisnis. Arsitek gedung ACROS Fukuoka adalah Emilio Ambasz & Associates berasal dari Argentina.
Sistem roof garden tersebut sangatlah cocok apabila diaplikasikan pada gedung yang terletak pada situasi dan kondisi di tengah - tengah kota yang sangat padat. Sehingga gedung ini diharapkan mampu menjadi paru –paru bagi kota tersebut dan dunia pada umumnya.
Gedung yang mempunyai ketinggian sekitar 60 meter ini layaknya seperti gedung pada umumnya yang biasa dihiasi dengan kaca, tetapi di sisi bagian belakang terlihat sebuah taman yang hijau dan luas dengan sekitar 35.000 tanaman, yaitu terdiri dari 115 jenis tumbuh – tumbuhan yang ditananam secara mencampur dan tersebar di bagian atap gedung. Dengan desain atap yang bertingkat menyerupai terasering ini, maka di setiap tingkatan atap yang ada dibangun sebuah taman yang indah.
Tujuannya tentu saja untuk mereduksi konsumsi energi, sebab mampu menjada suhu dalam gedung tetap kosntan dan nyaman. mengurangi panas yang ada di dalam gedung sehingga pemakaian AC tidak terlalu besar serta juga menyaring udara kotor yang ada di sekitar gedung. Pemakaian AC yang tidak terlalu besar akan menghemat energi, sehingga pemakaian energi listrik pada bangunan juga akan berkurang. Sistem roof garden pada gedung ini juga mampu digunakan sebagai penahan angin pada tiap – tiap lantai. Atap hijau juga dapat air hujan dan mendukung kehidupan serangan serta burung-burung.







1 komentar: