Senin, 28 Maret 2011

10 Kegiatan Mahasiswa Tingkat Akhir

Berikut merupakan 10 kegiatan mahasiswa yang sedang menempuh Skripsi ato Tugas Akhir:
1. Rajin ke Perpustakaan
Mahasiswa tingkat akhir, pastinya disuruh banyak cari referensi, kebanyakan referensi itu menurut saya dicari dari buku ato jurnal ilmiah. Tapi kebanyakan Mahasiswa sekarang mencari referensi dari skripsi alumni. Mau tidak mau mereka mencari bahan refernsi di perpus baik perpus jurusan, perpus kampus atau perpus daerah. Kalo yangg awalnya mereka cuma sekali dalam 1 semester ke perpus, bisa dipastikan dengan adanya skripsi mereka harus ke perpus berkali-kali.

2. Rajin Searching
Selain ke perpus, banyak mahasiswa yg diharuskan cari-cari bahan tambahan di internet, mereka menjadi betah berlama lama di depan komputer ataupun laptop untuk googling maupun browsing internet. Tapi mungkin kebanyakan mereka buka fesbuk, twiter ato malah download film daripada cari bahan.

3. Rajin beli kertas & tinta
Mahasiswa pasti membutuhkan yg namanya kertas dan tinta untuk ngeprint skripsi yg sudah mereka buat. Hal ini membuat mahasiswa jadi boros sama kertas, alasannya kalo tiap bab di konsulkan ke dosen, biasanya banyak yg dicoret2 dan harus ngulang lagi. Wah itu menjadi tidak ramah lingkungan karena banyak membuang buang kertas hasil print2an. Tapi sebenarnya bisa juga menghemat kertas dengan cara ngeprintnya bolak balik.

4. Begadang
Begadang mungkin merupakan kebiasaan bagi para mahasiswa, apalagi saat sudah mepet pada saat deadline pengumpulan tugas. Bisa disimpulkan 99% kemungkinan banyak mahasiswa yang begadang. Gag tanggung tangung bisa ampe jam 2, jam 3, jam 4 bahkan sampe gag tidur. Tapi itu membuat tantangan tersendiri bagi Mahasiswa.

5. Makan ga teratur
Kadang terlalu sibuknya mahasiswa, dari kost, kampus, perpus, ketemu dosen de el el menyebabkan mereka makannya gag teratur. Pagi sarapan, siang ngemil, malem g makan, tp tengah malam sambil begadang mereka ngemil lagi. Bisa juga dari efek uang kiriman yang telah habis untuk beli tinta sama kertas.

6. Duit cekak
Kanker atau bokek udah biasa di kalangan mahasiswa. Jalan satu2nya adalah ngutang. Sudah gag terhitung berapa banyak mahasiswa di Indonesia yang ngutang untuk menutupi krisis di akhir semesternya. Mau minta kiriman ortu, malu karena bulan ini minta 2x. Kalo untuk tingkat akhir, ada juga yang ambil riset atau analisa, pasti membutuhkan dana yg lumayan banyak. Bisa jadi satu sampel analisa biaya peneliatian sampai 300 ribu, bayangkan aja klo banyak sampel yg mesti diteliti, tambah bokek aja deh si mahasiswa. Belum lagi ditambah biaya transportasi apabila surveinya keluar kota.

7. Nunggu Dosen Ampe Kering
Males banget gag sih, kalo mesti nunggu dosen yang gag pasti datangnya, ditelpon janjinya 1 ato 2 jam lagi ternyata setelah berjam jam dan kampus sampai tutup gag nongol juga. Ya begitulah kadang kadang dosen. Mahasiswa gag boleh telat tapi Dosennya malah yang sering telat.

8. Riset atau desain gagal
Ini merupakan hal yang paling parah. Kalo misalkan riset atau desain gagal ditengah jalan, apalagi kalo sudah didesak dosen untuk cepet selesai. Setelah usaha yg kita lakukan, berapa duit yang kita keluarkan. Kalo ngebayangin itu, naudzubillah. Menyedihkan sangat.

9. D.O.W.N
Jangan sampe ini terjadi hal yang seperti ini, ngerasa putus asa, gag ada semangatnya lagi, hal ini bisa terjadi karena : riset atau desain gagal, jenuh, lihat temennya sudah kelar, minder dll. Ketika kita ngerasa down, cari variasi baru atau refreshkan pikiran sejenak untuk ninggalkan masalah skripsi. Yang penting cari suasana baru. Tapi ingat jangan terlalu kebawa enak, ntar skripsinya dilupaian.

10. Emosi Gak Stabil
Mungkin karena pengaruh suasana, mahasiswa kadang jadi emosional. Kadang marah gag jelas, kadang nangis, kadang ngurung diri dikamar. Bayangin skripsi mereka yang gag kelar. Memang gag semua, tapi pasti ada beberapa, apalagi yang banyak revisi dan dosen pembimbing yang plinplan.

Yah mungkin itulah 10 kegiatan mahasiswa tingkat akhir. Kalau ada tambahan lagi mungkin bisa ditambahkan lagi. Salam Persahabatan!

3 komentar:

  1. tambahan om 1 lagi kegiatan mahasiswa tingkat akhir
    SERING JALAN2 KE TEMPAT YANG "ASYIK" ALASANNYA REFRESHINg

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksih tambahannya.... pasti sudah berpengalaman.... hehehe

      Hapus
  2. Inget banget dulu gw jaman jadi mahasiswa kwkwkwkwkwkwkwkk
    Kalo udah akhir bulan nyari sisa recehan (gopean) di laci, buat beli ind*mie..
    Ketemu duit goceng di celana aja bahagia ahahahaha...

    Buat mahasiswa sekarang harus melek investasi nih, supaya ga boros n kere kaya guee waktu ituuu..
    Pengetahuan yang bagus buat kamu mahasiswa!
    investasi untuk mahasiswa

    BalasHapus